10 Sumber Mencari Ide Tulisan di Blog

Menulis itu perlu ide. Kita kadang merasa sulit mencari ide buat menulis di blog. Berikut ini saya merangkum 10 sumber yang bisa dijadikan lahan mencari ide tulisan di blog.

mencari_ide_ngeblog_web

  1. Hobi

Apa hobi Anda? Mungkin ada yang menjawab; motret, mancing, sepak bola, bulu tangkis, musik, dll. Apapun hobi seseorang, biasanya dia akan lebih mudah menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan hobinya. Itu karena ia sudah menguasainya. Nah, kenapa Anda tidak menulis sesuatu yang berkaitan dengan hobi Anda?

Seperti misalnya blog teman saya, Mas Ahsan. Selain ngeblog, beliau juga punya hobi mancing. Maka beberapa tulisan di blognya banyak membahas tentang tempat mancing dan jenis-jenis ikan yang didapat dari mancing.

Saya juga punya blog khusus tentang hobi saya, fotografi. Isinya tentang info dan berbagi tips fotografi.

  1. Pekerjaan

Pekerjaan rutin biasanya membosankan. Tapi mungkin saja pekerjaan Anda justru menarik bagi orang lain. Apalagi jika pekerjaan itu membutuhkan keahlian khusus. Cobalah menulis artikel singkat tentang pekerjaan Anda yang sekiranya bermanfaat bagi orang lain.

Misalnya Anda bekerja sebagai akuntan, anda bisa berbagi tentang akuntasi dan menuliskannya di blog. Jika Anda bekerja sebagai fotografer, anda bisa berbagi tentang tips fotografi melalui sebuah blog. Atau jika anda seorang guru, Anda bisa membuat sebuah blog tentang tips belajar mengajar.

Apapun pekerjaan kita, selalu ada sisi menarik buat ditulis. Tergantung cara kita merangkai kata-katanya.

  1. Jalan-jalan atau Rekreasi

Kebanyakan orang suka jalan-jalan dan refreshing. Dari sekedar cuci mata di mall atau di taman kota, back-packing dan tour ke luar kota, hingga traveling ke luar negeri, semuanya bisa dijadikan tulisan.

Anda bisa menuliskan tentang bagaimana perjalanannya, kegembiraan keluarga, tempat wisatanya, kulinernya, bangunannya, budayanya, dan sebagainya. Blog tentang traveling biasanya lebih banyak dikunjungi karena mengundang keingin-tahuan orang.

  1. Nonton

Apakah Anda suka nonton film di bioskop? Atau hanya sekedar nonton TV di rumah? Apapun yang kita tonton, itu bisa dijadikan ide tulisan di blog.

Jika suka nonton film-film terbaru di bioskop, tulislah tentang apa yang Anda suka dan tidak suka dari film itu; misalnya alur ceritanya, teknik lightingnya, hubungan antar karakter di dalamnya, dsb.

Nonton sinetron, reality show dan berita di TV pun bisa dijadikan bahan tulisan. Anda bisa menulis tentang bagaimana pendapat Anda terhadap program TV, kaitannya dengan pendidikan anak, dan sebagainya.

  1. Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar orang hampir setiap hari, disadari maupun tidak disadari.

Dari membaca orang bisa mendapatkan informasi, pengetahuan dan inspirasi. Kita bisa membaca koran dan majalah di ruang tunggu dari pusat-pusat pelayanan seperti di bank, kantor pos, di kantin atau di rumah.

Canggihnya ponsel jaman sekarang juga memungkinkan kita untuk browsing dan mendapatkan informasi langsung secara online. Banyak sekali buku elektronik (e-book) yang bisa dibaca melalui ponsel pintar. Ini juga akan menambah wawasan dan melahirkan inspirasi dan ide untuk menulis di blog.

  1. Blogwalking

Blogwalking artinya berkunjung ke beberapa blog teman. Membaca tulisan orang lain kadang bisa melahirkan ide buat diri sendiri. Apalagi blog yang kita kunjungi itu memiliki topik yang sama dengan blog kita.

Misalnya seorang teman menulis tentang jalan-jalan ke sebuah tempat wisata, maka Anda bisa menulis tentang tips menyiapkan perjalan wisata.

Blogwalking dengan membentuk jaringan saling mengunjungi sesama blog itu sangat baik untuk menciptakan traffic kunjungan yang stabil. Apalagi sekarang kita sudah bisa ngeblog kapan saja-dimana saja via ponsel. Untuk melihat update blog teman, saya sendiri menggunakan Feedly untuk memudahkan memantau beberapa blog teman.

  1. Media Sosial

Social media seperti facebook, twitter, BBM, WhatsApp, LINE dan Instagram adalah sumber lahan yang luas untuk mencari ide tulisan.

Tapi berhati-hatilah. Karena media sosial bisa membuat kita lupa diri. Keasyikan nongkrong di social media bisa membuat kita lupa waktu yang malah tidak menghasilkan tulisan apapun. Jadi, begitu mendapatkan ide, tinggalkan sebentar social media tersebut dan langsung tuliskan ide Anda.

  1. Foto

Sekarang ini, ponsel cerdas sudah dilengkapi kamera bagus, bahkan lengkap depan-belakang. Ini telah mengubah kita menjadi fotografer dadakan yang selalu ingin motret; entah itu memotret diri sendiri (selfie) atau memotret apapun yang menarik di sekitar kita.

Ada istilah mengatakan; sebuah foto bisa mewakili ribuan kata. Nah, jika Anda malas banyak menulis, cukup unggah beberapa foto pada postingan dan beri caption atau keterangan secukupnya tentang apa yang ada di dalam foto tersebut.

Ketika Anda sedang membuka foto-foto di ponsel, kemungkinan Anda akan teringat akan suatu kejadian yang sudah lewat melalui foto itu. Jika hal itu menarik untuk diceritakan, tulislah di blog Anda.

  1. Yang lagi Nge-trend

    .

Dalam kurun waktu tertentu, selalu saja ada hal tertentu yang menjadi buah bibir semua orang, baik di media sosial maupun pemberitaan di TV. Misalnya baru-baru ini ada fenomena GMT (Gerhana Matahari Total).

Atau saat saya menulis sekarang ini, sedang ada pemberitaan yang menjadi buah bibir di media; yaitu penghinaan lambang negara oleh penyanyi dangdut Zaskia Gotik. Candaannya di sebuah acara TV live telah melecehkan lambang Sila Kelima Pancasila dengan mengatakan; bebek nungging.

Nah, dari peristiwa-peristiwa yang lagi nge-trend itu, kita bisa membuat sebuah tulisan yang berisikan pendapat pribadi kita tentang hal tersebut. Misalnya; dari peristiwa Zaskia Gotik, kita bisa menulis sebuah artikel yang berjudul: Pancasila buat Dihafal dan Diamalkan, bukan Dilecehkan.

  1. Melamun

Jangan dikira orang bengong tidak memikirkan apapun. Justru orang melamun biasanya ada yang dipikirkan.

Melamun yang yang positif biasanya membayangkan sesuatu yang menjadi cita-citanya di masa depan, misalnya ingin punya istri/suami rupawan, ingin punya rumah, ingin punya penghasilan besar, ingin pensiun kaya, dan sebagainya. Nah, itu bisa menjadi ide tulisan Anda buat ngeblog.

Jika Anda ingin melamun, ada banyak kesempatan melamun tanpa harus mempengaruhi pekerjaan kita sehari-hari. Misalnya [maaf] saat ‘nyetor’ di toilet, pas nyantai di teras, dll. Tapi melamunnya jangan kelamaan ya. Apalagi sambil senyum-senyum sendiri 🙂

Itulah 10 sumber yang bisa digunakan untuk mencari ide tulisan di blog. Jika teman-teman punya sumber ide lain, mari berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Related Images

5 thoughts on “10 Sumber Mencari Ide Tulisan di Blog”

  1. melamun di wc bisa juga dapet idepostingan 🙂

    1. budi astawa

      hahaha, saya alami sendiri soale mbak… maaf

  2. paling gampang mah yang lagi ngetrend, tapi biasannya saingannya banyak wkwk

    1. budi astawa

      betul banget itu… harus berpacu lagi di SEOnya… Terima kasih sudah berkunjung…

  3. Kalau mau artikelnya di cari, biasanya saya gunain hot thread di forum-forum blogger begitu sebagai sumber ide …..

Leave a Comment