5 Tips SEO Sederhana untuk Blog Pemula

Blog masih merupakan salah satu cara terbaik untuk pemasaran konten (content marketing). Mengoptimalkan konten blog agar mudah ditemukan di Google dan mesin pencari lainnya disebut SEO (Search Engine Optimization).

[ File # csp5263297, License # 1405142 ] Licensed through http://www.canstockphoto.com in accordance with the End User License Agreement (http://www.canstockphoto.com/legal.php) (c) Can Stock Photo Inc. / jirsak
Licensed through http://www.canstockphoto.com in accordance with the End User License Agreement (http://www.canstockphoto.com/legal.php) (c) Can Stock Photo Inc. / jirsak
Dari blog kita bisa mendapatkan pelanggan melalui pencarian gratis di internet. Dan dengan blog kita juga dapat menjaga hubungan dengan pelanggan. Dan berikut 5 tips cepat untuk SEO blog bagi pemula.

1. Gunakan WordPress

WordPress merupakan platform terbaik untuk ngeblog. Selain gratis dan mudah digunakan, WordPress menangani optimasi mesin pencari dengan sangat baik. Hampir 80% masalah SEO sudah terpecahkan jika Anda menggunakan WordPress.

Contohnya; setelah kita mempublikasikan sebuah tulisan, WordPress akan menamai link (permalink) dari artikel tersebut dengan www.blogkeren.com/cara-praktis-ngeblog, dibanding www.blogkeren.com/?=123. Bayangkan mana yang lebih disukai oleh robot perambah Google?

WordPress juga memiliki banyak plugin handal dan tema yang mendukung SEO.

2. Kualitas, Kualitas, Kualitas

Buatlah konten atau tulisan yang berkualitas. Gunakan bahasa yang normal, wajar dan mudah dimengerti. Pilihlah judul yang menarik dan tidak terlalu panjang. Jika tulisan Anda menarik dan dibagikan oleh banyak orang, Google mencatat itu.

Google bot akan tahu jika situs Anda punya konten ganda, konten berulang, atau konten yang diproduksi masal. Jangan menulis konten ganda. Jangan pula men-copas konten dari blog orang lain. Untuk konten, kualitas lebih baik dibanding kuantitas.

3. Selalu Segar… Rutin Update

Bing dan Google bot menyukai konten yang fresh dan rutin. Jika Anda memiliki konten usang yang dibuat sejak tahun 2000, buka dan update isinya agar tidak ketinggalan jaman.

Yang terpenting, tulislah hal-hal yang segar, kekinian dan menarik untuk dibaca. Kemudian, rutinlah menulis dalam periode tertentu, misalnya; setiap dua hari sekali, tiga hari sekali, atau seminggu sekali. Kesegaran dan keteraturan itu akan mudah dilacak dan dicatat oleh Google bot.

4. Keterkaitan

Agar pengunjung blog bisa lebih lama membaca konten Anda, hadirkan tautan di dalam tulisan Anda. Misalnya artikel yang terkait dengan konten yang sedang dibaca si pengunjung. Jika Anda menggunakan WordPress, gunakan plugin YARPP atau plugin Related Post lainnya.

Keterkaitan antara satu tulisan dengan tulisan lainnya di dalam blog Anda, itu sangat penting. Ini disebut internal link, dan kita harus jadikan internal link ini sebagai kebiasaan. Artinya, setiap kali kita menulis sebuah konten, cari kata-kata atau frase yang memiliki hubungan dengan tulisan lainnya, dan hubungkan mereka.

Salah satu cara untuk membuat internal link adalah dengan mengelompokkan tulisan-tulisan kita dalam tag dan kategori yang sama.

5. Komitmen Jangka Panjang

Setelah melakukan keempat hal di atas, tidak akan seketika bisa membuat konten blog Anda mendapat ranking di halaman Google. Ini adalah strategi jangka panjang. Ibarat berinvestasi, kita harus tekun, rutin dan konsisten dalam menulis. Seiring waktu, blog kita akan memperoleh page-rank sesuai kualitas dan jerih payah yang kita tanam selama waktu tersebut.

Itulah 5 tips SEO sederhana untuk blog pemula. Semoga bermanfaat.

Related posts

6 thoughts on “5 Tips SEO Sederhana untuk Blog Pemula”

  1. memang banyak yang harus dilakukan agar traffic blog kita meningkat. Apa lagi kalau memang dasarnya hobby, ya gak sulit-sulit amat. Yang penting daya tahan dalam menepih kebosanan ya Bli..

    1. budi astawa

      Nah itu itu dia, mbak Evi; kebosanan. Sebuah kata yang bikin semua kegiatan kita jadi macet, bahkan hobi sekalipun. Makasi supportnya.

  2. menurut saya sih yg pertama niat dulu. karena gak jarang sih menggebu2 di awal, akhirnya memble, atau di tengah2 bosen. baru setelah itu kita mikir SEO. dan untuk SEO sebenernya kuncinya ada di konten. nice share mas

    1. budi astawa

      Waduh, saya merasa kesindir, hehe. Dulu saya menggebu, terus tenggelam, sekarang menggebu lagi, entahlah setelah ini… Makasi sudah singgah…

    2. budi astawa

      Waduh, saya merasa kesindir, hehe. Dulu saya menggebu, terus tenggelam, sekarang menggebu lagi, entahlah setelah ini… Makasi sudah singgah…

  3. sangat setuju poin no 1. wordpress emang seo friendly gan.

Leave a Comment